8/11/13

10 tips untuk melanggengkan amal shaleh dan kekhusyu'an pasca Bulan Suci Ramadhan

10 tips untuk melanggengkan amal shaleh dan kekhusyu'an pasca Bulan Suci Ramadhan :

Oleh : Ust. H. Nur Hidayat


1. Segala sesuatu membutuhkan pertolongan Allah SWT berupa Hidayah dan Keteguhan Hati.

Allah swt memberikan pujian doa para ulama yang dalam ilmunya :



“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).” ( Ali ‘Imran :8)

2. Tertib mengaji dengan menetapi kewajiban dan mencari kesempatan lain diluar  pengajian atau yang khusus seperti berkunjung ke ulama untuk menimba ilmu.

3. Memahami kisah perjalanan hidup rosululloh dan para sahabat2 Nabi SAW karena bisa membangkitkan semangat perjuangan dan tekad berjuang.

4. Sering mendengarkan nasehat agama yang menggugah hati guna meningkatkan keimanan.

5. Menjaga amal-amal fardhu (wajib) seperti shalat lima waktu jangan terlambat dan qadha’ (membayar) hutang Puasa Ramadhan jika ada, karena dalam amal fardhu terdapat kebaikan besar.     
6. Memperbanyak amal-amalan sunnah yang disukai diri walau sedikit, karena amal yang paling dicintai Allah adalah yang kontinyu, walaupun sedikit.

7. Menambah hafalan al-Qur’an (baik surat-2 pendek maupun yg lainnya) dan merutinkan tilawah (membaca al qur'an) minimal 3 ayat adalah hizib yg terendah, serta membaca surat-surat yang sudah dihafal dalam shalat fardhu dan sunnah.

8. Banyak berdzikir kepada Allah swt dan istighfar, karena amal tersebut sangat ringan namun manfaatnya besar, menambah keimanan dan memperkuat ketakwaan. Seperti membaca Istighfar min. 1.000 X, membaca Sholawat 1.000 X dan merutinkan membaca PR 13.

9. Menjauhi sarana-sarana perusak hati sejauh-jauhnya seperti lahan-lahan yg melalaikan ingat kepada Alloh, di antaranya teman-teman yang nakal, mendengarkan musik, lagu dan menonton di tempat atau sarana dimana mudah sekali mendatangkan maksiat,  dll

10. Terakhir, segera bertaubat, yaitu taubat nasuha dengan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan biidznillah, karena Allah swt  amat bangga dengan hamba yang bertaubat. Seperti dengan merutinkan Sholat Thasbih dan Sholat Taubat.

Jangan sampai kita seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah swt, kecuali pada Ramadhan saja.

Seperti yang disebutkan ulama' sholeh di zamannya :

“Seburuk-buruk kaum adalah yang tidak mengenal Allah swt, kecuali ketika Ramadhan saja”. (Ucapan Imam Malik)

Semoga kita bertemu lagi  dengan Ramadhan yang akan datang dalam kondisi sehat wal ‘afiat dan selalu istiqamah di dalam agama dan Hidayah Allah SWT

No comments:

Post a Comment